Kejutan dari Cerpen Pilihan Kompas?

25/06/2008 § 5 Komentar

Kompas kembali menunjuk orang luar sebagai juri yang memilih cerpen-cerpen terbaik yang terbit di edisi Minggu harian itu selama 2007. Mereka adalah Ayu Utami dan Sapardi Joko Damono. Ini kali kedua koran itu melibatkan orang luar untuk menjadi juri cerpen-cerpen terbaik. Tahun lalu, mereka mempercayakan tugas tersebut kepada Nirwan Dewanto dan Bambang Sugiharto. Warna cerpen-cerpen dalam pilihan Kompas 2006 yang dilabel dengan judul “Ripin” itu pun bergeser dari pilihan-pilihan sebelumnya.

Apakah kali ini akan memberikan warna yang berbeda pula? Ada baiknya membaca cerper-cerpen yang sudah dipilih itu, seperti diberitakan Kompas hari ini. Yang pasti, dalam berita itu, Kompas belum membocorkan cerpen siapa yang keluar sebagai cerpen terbaik. Siapa pemilik cerpen terbaik itu baru akan diumumkan Kamis (26/6) malam dalam peluncuran kumpulan cerpen itu sekaligus ulang tahun Kompas dan pembukaan pameran ilustrasi cerpen Kompas di Bentara Budaya, Jakarta.

Buku Cerpen Kompas Pilihan 2007 Diluncurkan
Sumber: Kompas, Selasa, 24/6/2008 | 15:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS – Dua orang sastrawan, Ayu Utami dan Sapardi Djoko Damono, telah memilih dan menetapkan 15 cerpen dari puluhan cerpen yang diterbitkan Kompas edisi Minggu sepanjang tahun 2007, sebagai yang layak diangkat ke dalam buku Cerpen Kompas Pilihan 2007.

Ayu, yang kini anggota Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta, mengatakan bahwa ada hal-hal yang menjadi usang dan tidak boleh diulang sebagai ciptaan, termasuk dalam menulis cerpen. Sementara itu, Sapardi, pensiunan guru besar Universitas Indonesia, menghubungkan antara sifat koran yang semakin terbatas ruangnya dengan kemampuan cerpenis menyusun cerpen koran yang meyakinkan.

Cerpen pilihan itu adalah Lampu Ibu karya Adek Alwi, Tukang Jahit (Agus Noor), Kisah Pilot Bejo (Budi Darma), Bigau (Damhuri Muhammad), Gerhana Mata (Djenar Maesa Ayu), Gerimis yang Sederhana (Eka Kurniawan), Sinai (Fransisca Dewi Ria Utari), Candik Ala (GM Sudharta), Lak-uk Kam (Gustaf Sakai), Koh Su (Puthut EA), Cinta di Atas Perahu Cadik (Seno Gumira Ajidarma), Hari Terakhir Mei Lan (Soeprijadi Tomodihardjo), Belenggu Salju (Triyanto Wonokromo), Sepatu Tuhan (Ugoran Prasad), dan Serdadu Tua dan Jipnya (Wilson Nadeak).

Satu dari 15 cerpen tersebut akan muncul sebagai cerpen terbaik, yang diumumkan saat peluncuran buku, Kamis (26/6), pukul 18.00 WIB di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jalan Pamerah Selatan, Jakarta Pusat. Peluncuran buku sastra itu menjadi bagian dari rangkaian peringatan HUT Kompas (yang sejatinya jatuh pada 28 Juni) dan sekaligus juga menandai pembukaan Pameran Ilustrasi Cerpen 2007. (kompas) NAL

§ 5 Responses to Kejutan dari Cerpen Pilihan Kompas?

  • […] karena berhalangan. Mereka lalu berfoto bersama. Nama-nama cerpenis ini bisa dilihat dalam tulisan Kejutan dari Cerpen Pilihan Kompas? dua hari […]

  • tinung mengatakan:

    Mana karya Hasan Al Banna?

  • jalansetapak mengatakan:

    Karya Hasan Al Banna tidak termasuk dalam cerpen Kompas pilihan itu. Salam.

  • […] Kompas pilihan 2007, Cinta di Atas Perahu Cadik. Nama-nama lain dalam buku ini bisa disimak dalam posting lain di blog ini. Ria, begitu bisa kami menyapanya perempuan bernama lengkap Fransisca Dewi Ria Utari ini, kini […]

  • tinung mengatakan:

    barangkali terlampau naif dan subjektif, tapi setelah membaca karya Hasan Al Banna, saya menemukan gairah baru dalam menikmati sebuah cerpen, sayangnya cerpennya Tiurmaida (dimuat Kompas Minggu 06/03/2007 ) bahkan tdk masuk nominasi cerpen terbaik media itu, padahal parameter saya membaca cerpen adalah yang dimuat Kompas Minggu. Barangkali itu hak dewan juri dalam menentukan peringkat cerpen yang terbaik yang tak bisa diganggugugat, tapi pemilihan seorang Ayu Utami sebagai dewan juri sungguh mengecewakan, saya beranggapan kapasitas Ayu Utami dalam berkarya baru berkutat pada sastra populer yang mencoba serius.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kejutan dari Cerpen Pilihan Kompas? at .

meta

%d blogger menyukai ini: