Sulaiman Tripa

07/04/2008 § Tinggalkan komentar

SULAIMAN TRIPA, lahir di Panteraja (Aceh), 2 April 1976. Menyelesaikan studi di Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh. Pernah bergabung dengan Surat Kabar Kampus Warta Unsyiah, Tabloid Komunitas Tambo dan Susema, serta Tabloid Media Kutaradja, Banda Aceh.

Sepanjang 1999-2003, aktif di lembaga swadaya masyarakat antikorupsi, lingkungan hidup pesisir, kemanusiaan, dan gerakan kebudayaan. Mengelola diskusi sabtu sore –sebuah kelompok metamorfosa institut yang difasilitasi Komunitas Tikar Pandan (sampai Juni 2004). Sempat mengabdi di Komite Sastra De wan Kesenian Banda Aceh (DKB).

Sebelumnya, menulis Kekerasan Itu Tak Damai Sekalipun Hanya Sekali (2001), Mencari Bumi yang Tak Gelisah (2002), 40 Tahun Universitas Syiah Kuala (2002), Lolos dari Maut Tsunami: Minggu, 26 Desember 2004 (2005). Mengisi beberapa antologi (esai, puisi, dan cerpen). Tiga buku yang diterbitkan secara swadaya, Safiah, Perempuan Perlasia (Novel, 2003), Paras Keadaban: Sebuah Sketsa (kumpulan esai, 2004), dan Peluklah Aku Sekali Saja (kumpulan puisi, 2004). Novelnya “Malam Memeluk Intan” (2005).

Pada 2007 lalu, ia noveletnya berjudul “Akhirnya Senja” menjadi juara III Lomba Cerber Majalah Femina. Novelet itu kini telah diterbitkan menjadi buku oleh Lapena (2008). Buku lainnya yang sedang menunggu terbit adalah “Kala Senja di Gampong Tua” (Balai Pustaka).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Sulaiman Tripa at .

meta

%d blogger menyukai ini: